Senin, 05 Oktober 2009

Teguran Gempa Padang-Sumbar 30 September 2009.

Jika kita lihat waktu terjadinya gempa pertama (jam 17:16) dan gempa susulan (jam 17:38) dan mengaitkannya dengan Firman Allah SWT pada Surat Al-Qur'an. Kita bahas satu persatu dengan detail:
1. Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 16:
Artinya:
"Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang yang hidup mewah di negeri itu (agar mentaati allah), tetapi bila mereka melakukan kedurhakaan di dalam (negeri) itu,maka sepantasnya berlakulah terhadapnya perkataan (Hukuman Kami), kemudian Kami binasakan sama sekali (negeri itu).

2. Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 38:
Artinya:
"Semua itu (Keterangan) kejahatannya sangat dibenci disisi Tuhanmu".

Keterangan:
Semua larangan yang disebut pada ayat 22, 23, 26, 29, 31, 32, 33, 34, 36 dan 37 pada Surat Al-Isra.




Dan jika kita lihat larangan - larangan satu persatu dengan detail:
Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 22:
Artinya:
Janganlah engkau mengadakan tuhan yang lain disamping Allah, nanti engkau menjadi tercela dan terhina.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 23:
Artinya:
Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada Ibu Bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua - duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 26:
Artinya:
Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 26:
Artinya:
Dan janganlah engkau jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan jangan (pula) engkau terlalu mengulurkannya (sangat pemurah) nanti kamu menjadi tercela dan menyesal.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 31:
Artinya:
Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 32:
Artinya:
Dan janganlah kamu mendekati Zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 33:
Artinya:
Dan janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu (alasan) yang benar Dan barang siapa dibunuh secara zalim, maka sungguh, kami telah memberi kekuasaan kepada walinya, tetapi janganlah walinya itu melampaui batas dalam pembunuhan. Sesungguhnya dia adalah orang yang mendapat pertolongan.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 34:
Artinya:
Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai dia dewasa, dan penuhilah janji, karena janji itu pasti diminta pertanggung jawabnya.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 36:
Artinya:
Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggung jawabannya.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 37:
Artinya:
Dan jangan engkau berjalan di bumi dengan sombong, karena sesuangguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung

Semoga teguran ini menjadikan kita untuk bertobat dan kembali kejalan Allah dan berkoreksi diri. Dan lebih Sujud dan Ibadah hanya karena Allah SWT. Ar-Rahman, Ar-Rohim, Robball Alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar